Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelebihan dan Kekurangan Lengkap Huawei Nova 3i

Huawei Nova 3i
Oke Guys, Kali ini saya akan membahas ponsel lain, setelah saya coba mereview ponsel ini, ternyata lumayan juga sih, langsung aja ke point nya.

Kelebihan Huawei Nova 3i

Kelebihan yang menarik pertama pada ponsel ini adalah dari desain dan warna ponsel ini. Desain yang dimiliki dari ponsel ini mirip dengan ponsel flagshipnya yaitu Huawei V20 Pro. Dengan varian warna Iris Purple, ponsel ini memiliki gradasi cantik ke bawah dimulai warna biru di atas, yang semakin ke bawah berubah warna menjadi ungu dan hitam. Sehingga jika melihat sekilas ponsel ini dari bagian belakang, sangat terlihat istimewa.
Ponsel ini juga enak untuk digenggam karena melihat dimensi ponsel yang tidak begitu besar, ditambah dengan bahan luar ponsel ini seperti bahan kaca pada depan dan belakang dan bahan alumunium pada bagian belakang.
Menggunakan layar IPS berukuran 6.3 inci dengan resolusi FHD+ serta aspek rasio yang sangat lebar, yaitu 19,5 : 9. Dimensi ponsel seluas 157.6 x 75.2 mm dengan tebal 7.6 mm. Bentuk dari layar depan dari ponsel ini memiliki bezel membentuk notch.
Namun tidak perlu khawatir, jika tampilan ala notch ini mengganggu pengguna, maka tampilan bezel tersebut dapat diganti pada bagian setelan menjadi rata atas. Hal ini merupakan keunggulan sederhana yang dapat menyamankan pengguna untuk memakai ponsel ini.
Operasi sistem pada ponsel ini menggunakan OS Android Oreo 8.1 dengan skin EMUI 8.2 Ala Huawei. Prosesor chipset yang ditanam pada ponsel ini yaitu Hisilicon Kirin 710 Octacore berteknologi 12 nanometer dengan kapasitas RAM 4 GB serta memori internal sebesar 128 GB.
Sudah cukup besar dengan kapasitas yang sudah dimiliki, namun jika belum puas, ponsel ini juga disematkan pada slot sim hybrid yang dapat digunakan sebagai kartu SIM mikro ataupun microSD dengan kapasitas hingga sebesar 256 GB.
Dengan memiliki spesifikasi hardware diatas, performa ponsel ini dapat dikatakan baik buruknya salah-satunya dilihat dari kemampuan menjalankan suatu aplikasi. Dalam menjalankan sebuah aplikasi permainan, ponsel ini memang tidak mampu disetel hingga level maksimal, namun cukup mampu dimainkan pada level menengah (menjalankan aplikasi permainan PUBG).

Sedangkan dengan penggunaan aplikasi harian mampu dijalankan dengan baik (Instagram, Youtube, dll), meskipun masih terdapat bug pada beberapa aplikasi yang belum memadai. Pemindahan dari aplikasi ke aplikasi lainnya juga lancar.
Untuk kamera, pada ponsel ini memiliki empat lensa, dua lensa untuk kamera belakang dan dua lensa untuk kamera selfie. Untuk kamera belakang terletak memanjang vertikal dengan besar resolusi 16 megapiksel dengan bukaan diafragma lensa sebesar 2.2 (f/ 2.2), dan satunya sebesar 2 megapiksel.
Untuk kamera selfie memiliki resolusi 22 megapiksel, dengan bukaan diafragma kamera sebesar 2 (f/ 2.0) dengan satunya juga sebesar 2 megapiksel. Kedua sisi kamera ini memiliki resolusi 2 megapiksel guna mengaktifkan fitur bokeh.
Dalam mengambil gambar maupun video menggunakan kamera depan (selfie camera), ponsel ini diberi kemampuan live beautification yang dapat diatur besar kecil tingkatnya yang berguna sebagai menghaluskan wajah. Kemampuan untuk merekam video dapat menghasilkan kualitas video FHD 1080p pada sisi kedua kamera, dengan frame rate sebesar 60 dan 30 fps.
Kapasitas baterai yang dimiliki pada ponsel ini sebesar 3340 mAh. Penggunaan baterai pada kondisi normal selama 7 – 8 jam. Jika digunakan untuk bermain game dapat habis berkisar 10 hingga 12% dalam jangka waktu 30 menit.
Keunikan pada baterai bukan pada kapasitasnya, namun pada ambang batas ketika daya akan habis. Pada ponsel umumnya, ketika baterai menyentuh 1% menandakan ponsel akan segera mati. Namun berbeda pada ponsel ini, batas baterai lemah dimulai pada 2% yang kemudian akan muncul notifikasi pada layar dengan notifikasi ponsel ini akan mati dalam waktu 30 detik.
Hal ini cukup berguna karena akan memberikan sisa cadangan baterai yang lebih banyak tersimpan dalam ponsel serta mengurangi bahaya radiasi yang dipancarkan dari ponsel ini.

Untuk kelebihan fitur umum yang dimiliki ponsel ini adalah ponsel ini menyediakan headphone jack 3.5 mm, sehingga tidak perlu repot untuk mencari ruang privasi dalam mendengarkan suara. Letak headphone jack ada di bawah bersamaan dengan colokan usb dan output speaker. Dilengkapi juga dengan fitur biometrik sidik jari yang terletak pada bagian belakang ponsel. Mendukung dalam menerima pancaran gelombang radio.

Kekurangan Huawei Nova 3i

Meskipun kamera pada ponsel ini dilengkapi dengan empat lensa kamera dengan masing – masing lensa ganda di depan maupun belakang, hasil pada kameranya tidak begitu sebaik dari spesifikasinya. Pada kedua kamera belum dilengkapi teknologi OIS (Optical Image Stabilization) sehingga tidak dapat meredam goyangan kamera apabila sedang mengambil video jika ada gerakan terdeteksi.
Kontras pada warna terasa pada kamera ini, objek yang terang akan terlihat lebih terang, sedangkan objek yang gelap akan terlihat makin gelap.
Dalam mengambil sebuah video, akan terdapat opsi menggunakan besaran frame rate, dua opsi yang diberikan yaitu 30 fps dan 60 fps, namun sayangnya, untuk kualitas sebesar 60 fps tidak menghasilkan kualitas video yang signifikan bedanya terhadap 30 fps sehingga untuk perekaman video dianjurkan untuk menggunakan frame rate 30 fps guna memberikan beban memori yang tidak lebih besar daripada 60 fps.
Berat ponsel ini sebesar 169 gram dengan ketebalan 7.6 mm, walaupun ponsel ini enak digenggam, namun ponsel ini masih terasa berat dan sedikit tebal. Ponsel yang dirilis baru baru agustus ini belum mendukung usb tipe C dan belum didukung dengan fast charging. Speaker belum dilengkapi dengan speaker stereo sehingga kemunculan suara hanya berada pada satu sumber saja yaitu pada bagian bawah.
Ada sedikit kekurangan yang memengaruhi estetika ponsel. Akan menjadi dilema jika Anda menggunakan atau tidak menggunakan case untuk ponsel ini. Jika Anda menggunakan casing, maka ponsel ini akan kehilangan kecantikannya, namun akan lebih aman jika ada benturan atau jatuhan.
Dan sebaliknya, jika ponsel ini tidak digunakan casing, maka akan rawan dengan benturan, tidak ada bekas sidik jari yang menempel pada ponsel, namun jati diri ponsel ini akan terlihat. Saran yang dapat memecahkan kedua masalah ini adalah menggunakan casing berwarna bening bawaan dari ponsel ini, tidak begitu bersinar namun masih terlihat estetikanya serta keamanan ponsel dari benturan lebih terjaga.

Harga Huawei Nova 3i

Ponsel ini diberi harga sebesar 4 juta rupiah dengan kapasitas RAM 4 GB dan kapasitas memori internal 128 GB, dimana harga ini masuk pada kelas pasar menengah yang bersaing dengan manufaktur ponsel lainnya seperti Xiaomi, Asus, dan Samsung. Kompartemen yang didapatkan bersamaan dengan ponsel ini yaitu terdapat satu soft case bening, satu kabel usb tipe B, dan head chargernya dengan tegangan 5V / 2A 10 Watt.
Dengan harga ponsel Huawei Nova 3i yang ditawarkan ini sesungguhnya setara juga dengan kualitas spesifikasi yang disematkan.